Minggu, 31 Juli 2011

STANDAR BAKU MUTU AIR

Oleh
Alit Adi Sanjaya


Sesuai dengan Undang-Undang No. 23 Tahun 1997 Pasal 1 menyebutkan bahwa baku mutu lingkungan hidup adalah ukuran batas atau kadar makhluk hidup, zat, energi, atau komponen yang harus ada dan/atau unsur pencemar yang ditenggang keberadaannya dalam suatu sumber daya tertentu sebagai unsur lingkungan hidup. Baku mutu air, yaitu batas atau kadar makhluk hidup, zat, energi, atau komponen lain yang ada atau harus ada dan/atau unsur pencemar yang dapat ditenggang dalam sumber air tertentu, sesuai dengan peruntukannya (Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 20 Tahun 1990). Sudarmadji (2002), menjelaskan bahwa baku mutu air adalah persyaratan mutu air yang sudah disiapkan oleh suatu negara atau daerah bersangkutan. Baku mutu air yang berlaku harus dapat dilaksanakan semaksimal mungkin untuk melindungi lingkungan, tetapi juga memberikan toleransi bagi pembangunan industri atau bentuk pembangunan tertentu dan saran pengendalian pencemaran yang ekonomis. Mahbub (1982) dalam Sudarmadji (2002), menyatakan bahwa dalam pengelolaan mutu air bagi sumber air dikenal dua macam baku mutu air yaitu sebagai berikut.
1)      Stream standard, adalah persyaratan mutu air bagi sumber air seperti sungai, danau, air tanah yang disusun dengan mempertimbangkan pemanfaatan sumber air tersebut, kemampuan mengencerkan serta faktor ekonomis.
2)        Effluent standard, adalah persyaratan mutu air limbah yang dialirkan ke sumber air, sawah, tanah, dan lokasi-lokasi lainnya dengan mempertimbangkan pemanfaatan sumber air yang bersangkutan dan faktor ekonomis pengolahan air buangan (untuk daerah industri).
Menurut Peraturan Gubernur Bali Tanggal 1 Februari 2007 No. 8 Tahun 2007, tentang Baku Mutu Lingkungan Hidup terdapat empat kelas air yaitu sebagai berikut.
1)        Kelas satu (I), yaitu air yang dapat digunakan sebagai air minum secara langsung tanpa pengolahan terlebih dahulu.
2)        Kelas dua (II), yaitu air yang peruntukannya dapat digunakan untuk air baku air minum, dan atau peruntukkan lain yang mensyaratkan mutu air yang sama dengan kegunaan tersebut.
3)        Kelas tiga (III), yaitu air yang peruntukannya dapat digunakan untuk pembudidayaan ikan air tawar, peternakan, air untuk mengairi pertamanan, dan atau peruntukkan lainnya yang mensyaratkan mutu air yang sama dengan kegunaan tersebut.
4)        Kelas empat (IV), yaitu air yang peruntukannya dapat digunakan untuk mengairi pertamanan dan atau peruntukkan lainnya yang mensyaratkan mutu air yang sama dengan kegunaan tersebut.
Keberadaan Sungai Unda dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan hidup mereka. Pada zone hulu, keberadaan Sungai Unda dimanfaatkan oleh masyarakat untuk aktivitas irigasi pertanian serta untuk keperluan MCK. Selain itu, Sungai Unda juga dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi air berupa olahraga rafting. Pada zone tengah, Sungai Unda banyak dimanfaatkan sebagai tempat MCK dan tempat pembuangan limbah rumah tangga serta sampah. Sedangkan bagian muara banyak dimanfaatkan sebagai tempat untuk memandikan hewan ternak oleh masyarakat sekitar

2 komentar:

  1. @ALID ADI
    SENANG BISA BERKENALAN DENGAN ANDA,MAAF SEBELUMNYA PERKENALKAN NAMA SAYA DONY SAYA INGIN MENANYAKAN TENTANG STANDAR BAKU MUTU LINGKUNGAN (PERATURAN GUBERNUR BALI NOMER 515 TAHUN 2000),PEMBUANGAN B3,PENGETESAN KADAR AIR LIMBAH YG DIHASILKAN OLEH MCK,PEMBUANGAN AIR KOTOR DARI WARUNG,DAN PARAMETER LINGKUNGAN HIDUP YANG DIPANTAU TERHADAP INTRUSI AIR LAUT.
    SAAT INI SAYA LAGI DITUGASKAN DI BALI SEHINGGA SAYA BUTUH INFORMASI TENTANG PEMANTAUAN LINGKUNGAN HIDUP KHUSUSNYA UNTUK WILAYAH BALI KHUSUSNYA DAERAH KUTA DAN KALAU MAU UJI LAB YG BERKAITAN DENGAN PEMANTAUAN LINGKUNGAN HIDUP SAYA HARUS MENEMUIN ATAU BERHUBUNGAN DENGAN PIHAK MANA SAJA..
    MOHON INFORMASI

    BEST REGARD
    DONY NOVIANTO

    BalasHapus
  2. Pak Dony, maaf saya baru sempat buka kembali blog saya. Kalau informasi lebih mendalam terkait pemantauan limbah dan standarisasi kualitas air, pak bisa tanyakan di BLK (Balai laboratorium Kesehatan) yang ada di dekat Rumah sakit Sanglah denpasar.Informasi lengkap ada disana.

    BalasHapus